Kamis, 03 November 2016

TAMBAK IKAN BANDENG








PEMBUATAN DAN PERAWATAN TAMBAK IKAN BANDENG

Kolam adalah hal yang pertama kali di lakukan sebelum melakukan budidaya ikan, dan kali ini akan dibahas mengenai kolam untuk budidaya ikan bandeng,  hal ini dilakukan agar pada saat mulai menanam bibit bandeng, kolam atau wadah telah dipersiapkan dan benih-benih ikan bandeng tidak mati karena belum ada kolam atau wadah yang menanpung mereka.

Pembuatan kolam ikan bandeng bisa dilakukan dengan lahan yang luas, atau bisa juga dilakukan dengan cccara manual atau otomatis. Lahan tersebut dikeruk, dengan cara dicangkul, namun akan membutuhkan waktu yang sangat lama apabila lahan tersebut cukup luas. Dan hasil ini bisa di perkirakan mana yang cukup dalam ataupun tidak.

Kemudian lahan tersebut dikeruk secara otomatis. Misalnya dengan alat-alat seperti yang digunakan untuk mengeruk kali yang besar. Kekurangan menggunakan cara ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, kelebihannya, tidak memakan waktu terlalu lama, dan hasilnya tidak cukup bagus jika menggalinya terlalu dalam atau tidak cukup dalam.

Setelah kolam ikan bandeng selesai dibuat, dilanjutkan dengan membuat aliran kolam. Agar pertumbuhan ikan bandeng akan berjalanlancar dan tidak ada penyakit yang menyebar di dalam tumbuh ikan bandeng. Dan pastinya, harga ikan bandeng akan melonjak tinggi disbanding ikan-ikan lainnya.

 Persiapan
Untuk membuat kolam ikan bandeng di butuhkan persiapan dan persyaratan  seperti berikut:


  • Lokasi kolam budidaya ikan bandeng harus mempunyai tanah yang dapat pasang surut air
  • Tinggi air yang pasang surut adalah 1,5 – 2,5
  • Dalam pang surutnya lokasi lebih rendah di bawah 1 meter dan pengelolaan air dapat dilakukan dengan menggunakan pompa.
  • Air yang segar tersedia untuk mengatur kadar garam yang sosok untuk pengembangan ikan bandeng
  • Tekstur tanah yang ideal adalah tanah liat yang berpasir, karena tanah tersebut dapat menhan air sumur.
  • Lokasi yang baik ada sabuk hijau (green belt) hutan mangrove ditumbuhi dengan panjang minimal 100 meter dari garis pantai.
  • Keadaan social ekonomi untuk mendukung operasi seperti budidaya keamanan yang kondusif.


Dalam hal ini , kolam yang telah siap adalah kolam yang telah tersedia dan telah dipakai berulang kali untuk pembudidayaan ikan bandeng.  Jadi kita tak perlu lagi membahas pemilihan lokasi dan tentang tata letak kolam.

Meskipun petani ikan bandeng tidak benar dalam memenuhi persyaratan tahapan persiapan budidaya ikan bandeng, mereka tetap bisa memanen ikan bandeng, namun tentu hasilnya kurang maksimal dan tidak memuaskan karena tahapan-tahapan dalam penyusunan kolam sering kali diabaikan atau tidak dilakukan dengan benar oleh para petani ikan.


Cara Pengeringan Kolam


  • Air kolam dikeringkan melalui saluran pembuangan
  • Bentengi kolam dari kebocoran dengan benar , disegel dan diperkuat
  • Tambahkan lumpur cair ke dalam kolam
  • Setelah 2 minggu, dasar kolam akan tampak retak-retak
  • Pintu masuk air berguna untuk menghindari keboran dan diperbaiki dalam posisi yang lebih tinggi.
  • Posisi saluran pengeringan air diletakkan lebih rendah, berguna pada saat pemanenan ikan bandeng.

0 komentar:

Posting Komentar

 

narkoba Template by Ipietoon Cute Blog Design