Jumat, 07 Oktober 2016

JAJAN PASAR TRADISIONAL













 Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang di perjual-belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Atau definisi lain dari jajanan pasar adalah nama lain dari berbagai macam kue yang pada awalnya di perjual-belikan di pasar-pasar tradisional.

Sampai saat ini jajanan pasar masih diminati oleh masyarakat meskipun telah banyak makanan luar negeri yang sudah masuk di pasaran, tapi jajanan pasar masih banyak diminati karena jajanan pasar bukan cuma harganya yang terjangkau saja tapi rasanya juga enak dan jenisnya yang beragam serta mudah sekali untuk didapatkan, jadi sampai sekarang jajanan pasar masih tetap eksis.

Berikut ini contoh jajanan pasar yang sering kita temui:
Ø Kelepon, yaitu jajanan pasar yang berbahan dasar dari tepung ketan, bentuknya bulat, dan isinya gula merah, lalu diatasnya suka ditaburi kelapa yang di parut.
Ø Kue putu, kue puti memiliki banyak persamaan denga kelepon tapi kue ini sangat lembut karena berbahan dasar tepung beras saja dan terdapat gula di dalamnya. dan sering disajikan dengan ditaburi parut kelapa di atasnya, dan aromanya harum daun pandan.
Ø Lalu ada juga getuk, yaitu berbahan dasar dari singkong yang dihaluskan umumnya dengan cara di tumbuk. Makanan ini memiliki rasa yang manis, getuk ada 2 (dua) jenis diantaranya yang berwarna coklat karena dicampur dengan gula jawa,dan yang berwarna putih ke kuning-kuningan yang dicampur menggunakan gula pasir.
Terus jajanan pasar yang tak kalah enak yaitu Lemper, adalah suatu makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan dan biasanya di dalamnya di isi dengan abon sapi, ataupun dengan daging baik itu daging ayam, daging sapi maupun daging ikan yang sebelumnya telah diolah atau dimasak, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih dan enak, karena beras ketannya yang dimasak mencampur dengan santan kelapa.

Sebenarnya masih banyak jajanan pasar yang enak-enak rasanya diantaranya seperti: surabi, pisang molen, putu ayu, kue lapis, cenil dan lain sebagainya. Dan jajan pasar yang diatas adalah kue kipas dan kue poci poci yang sangat enak untuk dinikmati sebagai cemilan saat sore hari dan ketika sedang berkumpul dengan keluarga besar. Karena jajan tersebut tidak terlalu berat untuk dimakan.
SEKIAN DAN TERIMAKASIH :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

narkoba Template by Ipietoon Cute Blog Design