Selasa, 18 Oktober 2016

DEFINISI KAKTUS














Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun.Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.
Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Hal inilah yang menyebabkan Kaktus bisa bertahan hidup tanpa air dengan waktu yang cukup lama.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan tanaman kaktus ada 4 yaitu ketinggian, iklim, tanah, dan air. Ketinggian menentukan tinggi rendahnya suhu. Meskipun ada kaktu yang dapat tumbuh di daerah pegunungan, kebanyakan, kaktus hidup di daerah subtropis yang kering dan gurun.

Kaktus Sebagai Memurnikan Air
Dari Zaman dahulu Tumbuhan yang satu ini selalu menjadi penyelamat, ketika sesorang kehabisan bekal minuman di gurun pasir, karena di dalam batang kaktus terdapat air yang bisa di minum
Penelitian terbaru menunjukkan air murni terbaik terdapat dalam pir kaktus berduri. Para peneliti dari University of South Florida melakukan percobaan dengan menyarikan getah dan menambahkan ke dalam air yang kotor karena sedimen dan bakteri.
Getah mengakibatkan sedimen dan bakteri bergabung, kemudian mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98 % bakteri di dalam air.

Kaktus Sebagai Bahan Makanan
Banyak suku di India dan Meksiko menjadikan kaktus sebagai makanan. Selain itu, dipakai juga untuk campuran sup, selai, dan keju

Kaktus Beguna Untuk Pengobatan
zat yang dimilikinya dengan cepat melawan gigitan serangga, gatal-gatal, dan alergi
Kaktus Sebagai Penangkal Radikal Bebas
Kandungan flavonoid-nya terbilang tinggi untuk mengaktifkan reaksi tubuh dalam melawan alergi dan virus. Sel abnormal pembentuk kanker dan tumor pun bisa dicegah. Kaktus dapat pula dipakai sebagai sarana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tepat pula dipakai untuk pengobatan dari dalam.

Tetapi juga harus berhati hati jika mendekati kaktus yang terkenal memiliki duri yang sangat banyak itu. Jika tertusuk durinya akan lama dalam masa penyembuhannya itupun jika tertusuk durinya sangat banyak. Kaktus juga dapat digunakan sebagai tanaman hias bagi yang memiliki hobi mengoleksi bermacam macam jenis kaktus dan harga kaktuspun beragam ragam dari kaktus lokal sampai kaktus yang istimewa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

narkoba Template by Ipietoon Cute Blog Design